Primary tabs

Pemprov Babel Berduka atas Wafatnya Tjahjo Kumolo

Foto: Kementrian PANRB

PANGKALPINANG--Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) yang juga mantan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dikabarkan meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) sekitar Pukul 11.10 WIB di Rumah Sakit Abdi Waluyo Jakarta.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Sekda Babel Naziarto turut mengucapkan duka cita yang mendalam. “Kita sudah menerima kabar duka ini. Untuk itu mewakili masyarakat dan keluarga besar ASN Pemprov Babel kami mengucapkan turut berduka cita atas wafatnya almarhum Tjahjo Kumolo,” ujar Naziarto pada Jumat (1/7/2022).

Menurut Naziarto, Tjahjo Kumolo merupakan sosok pejabat negara dan politisi yang baik. “Almarhum merupakan tokoh nasional yang sudah berpengalaman dan mumpuni di bidang politik dan kenegaraan. Tentunya kita sangat kehilangan sosok almarhum ini,” papar Naziarto dengan nada sedih.

Masih hangat dalam ingatan Naziarto saat ia dilantik atau dikukuhkan sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Korpri Nasional oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo di Jakarta pada Jumat (11/3/2022) lalu.

Untuk itu Naziarto mengajak seluruh kalangan masyarakat khususnya di Kepulauan Bangka Belitung turut memberikan penghormatan terakhir dan berdoa buat almarhum. “Mari kita semua memanjatkan doa semoga almarhum Tjahjo Kumolo diampunkan segala dosa dan khilafnya serta diterima dengan baik di sisi Allah SWT,” ujar Naziarto.

Dikutip dari berbagai sumber dan situs pribadinya, Tjahjo Kumolo lahir di Surakarta Jawa Tengah pada 1 Desember 1957. Ia adalah seorang politikus Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia sejak 23 Oktober 2019 pada Kabinet Indonesia Maju. 

Tjahjo sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia yang menjabat dari 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019 pada Kabinet Kerja. Ia juga merupakan salah seorang politikus Indonesia, dan terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia periode 2009–2014 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dengan wilayah pemilihan Jawa Tengah I dan sekaligus menjadi Ketua Fraksi PDI-P di DPR RI dan juga menjadi anggota Komisi I yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi di DPR RI. 

Tjahjo Kumolo dipilih oleh Megawati Soekarnoputri sebagai Sekjen DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan periode 2010-2015 yang pada periode sebelumnya duduk sebagai Ketua DPP Bidang Politik. Tjahjo Kumolo sebelumnya juga pernah tercatat sebagai Ketua Umum KNPI. (Irwanto/Pranata Humas Pemprov Babel)