Primary tabs

Hidayat Arsani Dilantik Sebagai Wagub

Akhirnya Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi pada  Senin (12/5) lalu secara resmi melantik Hidayat Arsani sebagai  Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sisa masa jabatan 2012-2017. Pelantikan yang digelar di Ruang Sidang Paripurna DPRD Kepulauan Bangka Belitung ini  dilakukan lantaran terjadinya kekosongan jabatan wagub sekitar sembilan bulan setelah Rustam Effendi dilantik menjadi Gubernur Babel  menggantikan H. Eko Maulana Ali yang wafat di Jakarta pada  30 Juli 2013 lalu.  Rustam sendiri dilantik Mendagri Gamawan Fauzi sebagai gubernur  pada 26 Agustus 2013.
 
Sidang paripurna istimewa pelantikan Hidayat Arsani sebagai wagub dipimpin langsung oleh  Ketua DPRD Kepulauan Bangka Belitung Didit Srigusjaya. Dalam sidang itu Didit yang juga politisi muda PDIP ini mengatakan, akhirnya Bangka Belitung memiliki pasangan gubernur dan wakil gubernur yang telah dipilih secara demokratis. Juga belum lama  ini Pemilu Legislatif  (Pileg) 2014 di Bangka Belitung telah berlangsung dengan aman dan lancar.
 
"Diharapkan nantinya gubernur dan wakil gubernur dapat bekerja sama dengan DPRD dalam melaksanakan tugasnya. Selanjutnya ke depan Bangka Belitung dapat menjadi lebih baik dari sekarang," ujar Didit yang didampingi Gubernur Babel, Rustam Effendi.
 
Sementara Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi juga mengharapkan agar wagub yang baru dilantik dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Selain itu tetap dapat menjaga hubungan harmonis dengan gubernur. Sebab pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mencatat hanya sekitar lima persen kepala daerah dapat menjalin hubungan baik dengan wakilnya. Baik itu di tingkat provinsi maupun kepala daerah di tingkat kabupaten dan kota. "Selebihnya antara kepala daerah dan wakilnya pecah kongsi. Tentunya kondisi ini tidak menguntungkan karena  birokrasi menjadi bingung. Jika menghadap gubernur, khawatir dicap sebagai orangnya gubernur. Begitu juga sebaliknya," sesal Gamawan yang juga mantan Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Sumatera Barat ini.
 
Mendagri juga berharap nantinya tidak ada dua nahkoda dalam kepemimpinan pemerintahan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. “Wakil Gubernur sebagaimana diatur dalam undang-undang tugas utamanya adalah membantu kepala daerah yaitu gubernur,” pesan Gamawan di hadapan para undangan yang hadir memenuhi Ruang Sidang DPRD Kepulauan Bangka Belitung di kawasan Air Itam Pangkalpinang.
 
Sidang paripurna pelantikan Hidayat Arsani memang terlihat meriah lantaran dihadiri beberapa tamu penting atau tokoh nasional. Tercatat ada Menteri Kelautan, Ketua Umum Partai Golkar yang juga calon presiden, Aburizal Bakri, Yusril Ihza Mahendra, Emron Pangkapi, Gubernur Sumatera Selatan, Alex Nurdin, anggota DPR-RI, DPD-RI serta tokoh Babel lainnya.
Menariknya, dalam pidato pembuka sidang, Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya sempat minta Menteri Dalam Negeri memperjuangkan persoalan kontribusi atau hasil penjualan timah agar lebih besar mengalir kembali ke pulau penghasil yakni Bangka Belitung dan kepemilikan saham PT Timah Tbk oleh pemerintah daerah. Sehingga diharapkan gubernur, walikota, dan bupati punya hak suara dalam RUPS. Juga minta Mendagri membantu menyelesaikan persoalan sengketa batas wilayah antara Provinsi Babel dan Kepulauan Riau, yakni menyangkut persoalan Pulau Tujuh. (irwanto/andi) 
 
Sumber: 
Biro Hukum